Sumpah Pemuda bagi Generasi Milenial Jaman Now

Sumpah Pemuda bagi Generasi Milenial Jaman Now

Sehari setelah kita memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke 91 tahun, Saya mengikuti Seminar Sumpah Pemuda pada Hari Selasa (29/10). Dengan tema, “Pancasila dan Pemuda Indonesia: Sumpah Pemuda bagi Generasi Milenial Jaman Now” yang bertempat di Auditorium NURHADI MAGETSARI – Jalan Ampera Raya No.7 RT3/RW4 Cilandak Timur, Jakarta Selatan.
Seminar ini memiliki visi untuk menggali dan menyebarkan SPIRIT SUMPAH PEMUDA 1928 dengan meneruskan dan mencapai tujuan utama SUMPAH PEMUDA, yakni satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa Indonesia.

Screenshot_2019-10-31-11-28-09-280_com.whatsapp.png

Dengan misi memberikan tongkat estafet sejarah dan semangat SUMPAH PEMUDA dari generasi ke generasi, khususnya GENERASI MILENIAL JAMAN NOW untuk mempelajari, menerapkan dan mempertahankannya demi NKRI.

Menurut saya untuk dapat memaknai dari Sumpah Pemuda itu sendiri di era milenium adalah mengejar sebanyak-banyaknya prestasi demi membanggakan negeri. Mewakili bangsa Indonesia dalam inovasi dan menampilkan prestasi dipentas global.

IMG-20191031-WA0050.jpg

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) adalah lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki tugas

• membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, melaksanakan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan, dan

• melaksanakan penyusunan standarisasi pendidikan dan pelatihan , menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada Lembaga tinggi Negara, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, organisasi sosial-politik, dan komponen masyarakat lainnya.
Kondisi kekinian dalam perkembangan global dengan berbagai persoalan yang mengancam eksistensi pemuda.

Tentunya menjadi salah satu ancaman paling besar adalah penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja an pemuda. Sehingga tantangan yang dihadapi oleh generasi millenial Indonesia semakin kompleks.

IMG-20191031-WA0071.jpg

Saya hadir atas undangan yang diselenggarakan Ivibesmedia.com . Sebuah platform komunitas blogger, facebookers, Instagrammer, youtubers dan influencer yang tersebar di seluruh Indonesia dan membantu brand/instansi swasta/pemerintah untuk berinteraksi secara positif secara online dan offline guna memberikan solusi bersama, bersama covids.com dan beyond-dynamics.com yang memberikan inovasi baru untuk mendukung kegiatan para penggiat sosial media.

IMG-20191031-WA0077.jpg

Sejalan dengan tugas dan tanggungjawab BPIP seperti tersebut, dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda 2019, BPIP mengadakan kegiatan dan berdiskusi bersama generasi muda/penggiat sosial media milenial.

BPIP memiliki banyak pekerjaan dalam membumikan Pancasila agar bisa diterima dengan mudah oleh kalangan generasi millenial. Sebagai lembaga negara, BPIP bekerja dengan sistem dan mekanisme.

IMG-20191031-WA0075.jpg

Pada hakikatnya Pancasila telah di bentuk melalui proses yang cukup panjang oleh par pendiri bangsa. Pancasila sebagai ideologi dinmasi yang mencerminkan keterbukaan pemikiran yang mampu menerima segala iklim perubahan yang terjadi agar mampu melaksanakan nilai-nilai Pancasila yang luhur secara mendasar.

IMG-20191031-WA0079.jpg

Generasi millenial yang terlibat diskusi di atas merupakan anggota dari ivibesmedia.com yang bermitra dengan ARSIP NASIONAL (ANRI) yang memiliki rekam sejarah SUMPAH PEMUDA 28 OKTOBER 1982 dalam bentuk video/audio/gambar dan floating diorama yang sesuai dengan target GENERASI MILENIAL dan penyebaran kegiatan melalui rekam digital media sosial berupa blog, twitter dan instagram. Para peserta diajak Tour Floating Diorama Hall C yang menyajikan berbagai video/audio/gambar sejarah

Dengan saya seminar ini, saya dapat merasakan pentingnya Sumpah Pemuda di kalangan generasi jaman now.Peran pemuda di era globalisasi akan menjadi lebih berharga ketika pemuda memiliki jiwa good leadership sebagaimana para pemuda dahulu dalam sejarah bangsa Indonesia ini. (ft)

Leave a comment