Inspiratif yang Bisa Membuatmu Semakin Termotivasi

Motivasi adalah sesuatu yang harus saya harus lakukan bukanlah sesuatu yang kita miliki. Jadi normal saja dan alamiah dibutuhkan dalam berbisnis atau berkarir. Kurangnya motivasi adalah hal yang lumprah di dalam hubungan yang kita miliki. Jadi jika merasa tidak termotivasi, kurang bersemangat atau kehabisan sumber daya emosional, tetap terus berjalan demi kehidupan kita. Belajarlah untuk merubah menjalin komunikasi, mengambil kendali, memecahkan keakraban, dan berhenti menjadi korban dan teruslah bergerak maju menuju kesuksesan.

Dalam kondisi pandemi COVID-19, tetap harus terus produktif sehingga akan menimbulkan semangat berkreasi dan berinovasi, meskipun dengan keterbatasan akibat protokol kesehatan yang harus dijalankan. Kendalanya adalah banyak karyawan yang work from home (wfh), penjualan dan omzet turun. Saatnya dibutuhkan mindset untuk beradaptasi dan problem solving. Hal terpenting membuat saya untuk bermotivasi dan terlatih untuk tetap semangat, meningkatkan keahlian dan kepemimpinan melalui berbagai aplikasi yang ada seperti zoom, skype atau aplikasi lainnya.

Memotivasi diri sendiri perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mental, terutama ketika merasa kurang yakin dan semangat saat ingin mencapai suatu tujuan. Saat ingin memulai sesuatu, pastinya membutuhkan motivasi atau dorongan untuk bisa mencapai tujuan. Melakukan pekerjaan tanpa motivasi akan terasa hampa dan tidak bersemangat, pastinya kita akan mudah untuk menyerah sebelum mencapai tujuan akhir.

Mencapai sukses tentu jadi impian tiap orang tidak kecuali saya. Meskipun sukses berbeda dengan orang lain, tapi tidak ada salahnya untuk tahu keberhasilan orang-orang hebat. Karena inspiratif mereka bisa membuat kita semakin termotivasi diantaranya,

  1. Bachrudin Jusuf Habibie (B.J Habibie)
    Presidn ke-3 RI yang telah berpulang pada 11 September 2019 di usia 83 tahun. Sang cendikiawan cerdas bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Kisah hidupnya, mulai dari kiprahnya di dunia kedirgantaraan hingga kisah cintanya menyedot perhatian khalayak. Tak heran bila banyak orang mendambakan dan mengidolakan sosoknya. Sukses meniti karier dan menjalani kehidupan dari bapak bangsa yang juga dijuluki sang Mr. Crack ini.
  2. Barrack Obama
    Presiden ke-44 Amerika Serikat, Sebelum memulai karir politik, Obama bekerja sebagai pengacara sipil, kemudian menjadi senator dan saat ini merupakan keturunan Afrika-Amerika pertama yang terpilih sebagai presiden Amerika Serikat. Obama sukses mencetak sejarah baru dengan gaya kepemimpinannya yang sangat dekat dengan rakyat. Obama dikenal sebagai tokoh inspiratif karena sosoknya yang family-man, penuh kasih pada keluarga.
  3. Indira Gandhi.
    Perdana Menteri wanita pertama di India yang menjabat mulai tanggal 19 Januari 1966 hingga 24 Maret 1977 dan selanjutnya terpilih lagi pada tanggal 14 Januari 1980, belum habis masa jabatannya berakhir, Indira Gandhi tewas pada tragedii penembakan pada tanggal 31 Oktober 1984. Indra Gandhi adalah tokoh emansipasi wanita yang dikenal sangat keras dan tegas dalam urusan politik yang menggambarkan sosok wanita yang berpendirian kuat dan berani.

Sebenarnya masih banyak lagi tokoh-tokoh inspirasi dan motivasi untuk saya dan ini ke-3 tokoh yang mewakili sebagian besar tokoh yang ada tentunya menjadi idola saya karena mampu menaklukan masalah menjadi sebuah peluang kesuksesan. Menjadi bukti bahwa semua orang siapapun itu, tidak peduli kekurangan apapun yang dimiliki memiliki peluang dan kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan.

Perlu buat kita untuk mencari cara memotivasi diri sendiri agar mencapai tujuan diantaranya,

  1. Tulis di kertas. Jangan hanya berangan-angan saja, wujudkan motivasi tersebut dalam tindakan nyata.
  2. Fokus pada tujuan. Saat akan mengejar impian, jangan sampai terdistraksi dengan hal-hal lainnya. Membuat daftar prioritas untuk mengurutkan apa-apa saja yang paling penting dan harus dikerjakan.
  3. Kenali apa saja tantangan yang dihadapi.Wajar jika tantangan kerap kali bermunculan saat kita hendak mencapai tujuan akhir. Identifikasi tantangan-tantangan apa saja yang bisa saja terjadi dalam proses mencapai tujuan.
  4. Memiliki pandangan optimis.Pandangan yang positif tidak hanya membuat kita lebih berenergi, tetapi juga membantu tetap bersemangat. Saat masalah datang menghampiri, jangan mengkritis diri sendiri atau menjadi pesimis, tetapi ingatkan diri kita bahwa kita bisa melewati masalah tersebut.
  5. Cari inspirasi dan dorongan.Saat sedang menghadapi tantangan yang berat dalam mencapai tujuan, perlu menyeimbangkan emosi negatif yang dirasakan dengan mencari hal yang positif dan inspirasional.
  6. Hargai upaya yang dilakukan
  7. Berikan hadiah untuk diri kita
  8. Kembangkan kepuasan terhadap apa yang dikerjakan

Motivasi merupakan suatu kontruk yang dimulai dari adanya kebutuhan pada diri individu dalam bentuk energi aktif yang menyebabkan timbulnya dorongan dengan intensitas tertentu yang berfungsi mengaktifkan, memberi arah dan membuat persisten (perilaku berulang-ulang) dari suatu perilaku untuk mengatasi atau memenuhi kebutuhan yang menjadi menyebab timbulnya dorongan itu sendiri. Semangat tidak menyerah, sirami jiwa dengan kata-kata motivasi yang menyemangati diri untuk menggapai asa dan cita. (ft)

Leave a comment